30 Bulan

30 bulan alias 2,5 tahun. 6 bulan lagi menuju 3 tahun, hihihi. Hmm, apa ya perkembangan Rayi saat ini? Yang paling saya ingat adalah perkembangan emosinya. Kadang dia tantrum kalau sudah ngantuk. Kalau lagi ngambek, dia pukul-pukul lemari sambil merengek, Akung sampai menyebutnya tembok ratapannya Rayi. Kadang juga tiba-tiba merengek tanpa sebab. Saat dia menangis dia mulai panggil “Ibuuuu…”, yang sebelumnya dia memanggil “Mbaaaah…”.

20160514_132358

Dia sudah mulai mengerti jadwal Ibu dan Ayahnya bekerja. Jika kami pulang lebih malam dari biasanya, dia mulai menanyakan keberadaan orang tuanya. Seperti kemarin malam, saat kami pulang larut, sampai 21.30 dia masih menunggu Ibunya. Setiap ada suara pintu, dia tanya apakah itu Ibu. Hiiikkksss, jadi sedih dan merasa bersalah. Kalau Ibu dan Ayah pergi sebentar tanpa Rayi di hari libur, dia pasti cari Ibunya. Tapi kalau di hari kerja, dia biasa aja. Jadi Rayi sudah belajar mengenal rutinitas meski belum paham apa itu kalender dan jam. Secara alami Rayi mengetahui kapan Ayah dan Ibunya harus berada di dekatnya.

Belakangan ini nafsu makannya berkurang, sempat beberapa hari Rayi hanya makan 2 suap. Sekarang juga menolak makan sayur 😦 Padahal dulu ga pernah menolak dikasih sayur. Makanya saya kasih dia vitamin tambahan, berharap semoga bisa melengkapi kebutuhan vitaminnya karena dia sedang susah makan.

Saat ini Rayi sedang berlatih menyanyi sambil menari lagu Aku Seorang Kapiten bersama teman-temannya untuk pertunjukkan sekolah nanti. Meski tidak menyanyi, tapi Rayi sudah mulai meniru gerakan menarinya. Setiap malam, dia minta berlatih. Saya yang menyanyi, dia yang menari. Hhihihi, anak Ibu sudah makin besar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s