Titik Cerah

Mau update perkembangan bicara Rayi, Alhamdulillah ada titik cerah. Setelah menginjak 2 tahun kemampuan bicaranya semakin meningkat. Malah saya kaget dibuatnya, karena tiba-tiba dia memiliki banyak vokabulari. Memang sampai sekarang dia belum mau untuk bicara lebih dulu. Tapi sekarang Rayi mulai mengikuti apa yang lawan bicaranya ucapkan. Meski apa yang diucapkan juga belum jelas. Misalnya ia bilang ‘aim’ (salim), ‘cucu’ (susu), ‘kan’ (makan).

Bila ditanya nama akung dan mbahnya dia sudah bisa menjawab walau hanya nama belakangnya saja. Rayi juga sudah bisa menyebutkan angka, meski lagi-lagi kata belakangnya saja, contohnya kalau saya bilang sa maka dia akan menjawab tu, saya bilang du dia akan menjawab wa, begitu seterusnya sampai lima. Banyak hal yang membuat saya kaget dan terharu, seperti saat saya tanya dia, “Ini siapa?” lalu dia jawab, “Bu”, kadang dia menjawab lengkap “Ibu” (akhirnya bisa juga dia panggil saya). Atau saat dia melihat video lagu Happy Pharell Williams, ketika dia melihat Minion dia lalu membangunkan ayahnya “Yah, Yah, nyon” (yah, yah minion). Atau ketika kami membaca buku saat ditunjuk gambar hewan dia bisa bilang jajah (gajah), jeba (zebra). So tidak percuma selama ini saya bacakan buku untuknya.

Memang saat ini belum jelas dan masih bicara satu kata saja, kecuali dia bisa bilang “Apa tuh?’. Tapi itu sangat berarti buat kami, ini titik cerah yang membuat saya semakin yakin kalau perlahan Rayi akan bicara lancar. Setidaknya saya semakin paham bahwa keinginan Rayi untuk bicara lebih dulu masih rendah. Kalau minta sesuatu dia masih menggunakan bahasanya sendiri. Nah inilah yang menjadi PR buat saya, merangsang Rayi untuk bicara lebih dulu, agar ia bisa mengungkapkan apa yang ia mau. Karena belakangan ini Rayi sedikit tantrum sebab tidak bisa mengatakan keinginannya. Semoga semakin hari semakin lancar ya Nak! Surprise me more!

Leave a Reply

